LOADING

Type to search

10 Daftar Beasiswa Populer untuk Studi Sarjana

Beasiswa

10 Daftar Beasiswa Populer untuk Studi Sarjana

Share
10 Daftar Beasiswa Populer untuk Studi Sarjana

onoblog.id – Beasiswa mungkin menjadi salah satu hal yang di dambakan setiap mahasiswa, karena tidak dapat dipungkiri bahwa beasiswa memberikan banyak kemudahan bagi mahasiswa.

Saatnya mencari tahu informasi tentang beasiswa populer untuk S1 Di artikel ini, kami membagikan informasi tentang beasiswa populer untuk studi sarjana. Berikut 15 daftar beasiswa yang dibuka oleh publik atau swasta yang bisa Anda coba.

10 Daftar Beasiswa Populer untuk Studi Sarjana

Beasiswa PPA

Beasiswa PPA (Academic Achievement Improvement) adalah program beasiswa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang ditujukan untuk mahasiswa sarjana, baik mahasiswa negeri maupun swasta.

Bantuan biaya pendidikan AKP sebesar Rp 400 ribu / bulan. Untuk mengajukan beasiswa ini caranya cukup mudah karena mahasiswa bisa langsung mendaftar di universitas masing-masing.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini adalah

Minimum S1 / Diploma IV pada semester II dan maksimal semester VIII. Sedangkan untuk Program Diploma III minimal semester II dan maksimal semester VI.
IPK minimal 3,00
Mengajukan lamaran tertulis kepada Rektor / Ketua / Direktur atau pejabat perguruan tinggi yang ditunjuk, dengan melampirkan dokumen sebagai berikut: fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Rencana Studi (KRS), ijazah atau bukti prestasi, Kartu Keluarga, surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa, dan surat rekomendasi dari ketua fakultas / jurusan.

Beasiswa Bantuan Mahasiswa (BBM)

Beasiswa BBM merupakan beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas, namun ditujukan untuk membantu perekonomian mahasiswa terlepas dari prestasinya. BBM tidak jauh berbeda dengan PPA dan pendaftaran biasanya dilakukan bersamaan dengan PPA.

Syarat yang harus dipenuhi sama dengan beasiswa PPA, namun untuk beasiswa BBM IPK minimal yang harus dimiliki adalah 2,5

Beasiswa Teladan Tanoto

Beasiswa Teladan Tanoto adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation yang ditujukan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang menjadi mitra Tanoto

Sebelum mendaftarkan diri, Anda perlu memeriksa apakah perguruan tinggi Anda adalah salah satu mitra Tanoto, ya.

Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah:

Mahasiswa semester pertama
Memiliki prestasi akademik yang baik
Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik.
Kemahiran dalam bahasa Inggris dan bahasa lain akan menjadi nilai tambah.

Selain mendapatkan tunjangan SPP yang cukup besar, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan pengalaman magang dan kesempatan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan.

Program Beasiswa Teladan Foundation

Sumber: Tanoto Foundation

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia (BI) juga merupakan salah satu beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi mitra Bank Indonesia.

Anda perlu memeriksa dulu, apakah kampus Anda termasuk di dalamnya, ya.

Beasiswa BI terdiri dari 2 jenis, yaitu Beasiswa Reguler dan Beasiswa Unggulan. Perbedaannya terletak pada persyaratan registrasi dan biaya bulanan yang diperoleh.

Persyaratan untuk mengajukan beasiswa ini adalah:

Telah mengambil 40 SKS (menjalani minimal 3 semester)
IPK minimal 3,00
Aktif dalam kegiatan sosial yang berdampak pada masyarakat
Berasal dari keluarga kurang mampu
Mendapat rekomendasi dari pimpinan universitas dan tokoh akademik / non akademik
Miliki sertifikat dan sertakan resume dan surat motivasi
Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 500 dari institusi terpercaya (khusus untuk pelamar beasiswa berprestasi)

Beasiswa yang diberikan termasuk bantuan biaya kuliah (untuk reguler Rp 1.000.000 / bulan dan Rp 1.500.000 untuk atasan, – / bulan).

Beasiswa CIMB Niaga

Beasiswa CIMB Niaga adalah beasiswa dari sebuah perusahaan swasta yang terbuka untuk mahasiswa S1 di seluruh Indonesia yang sedang menjalani semester 5.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa ini adalah sebagai berikut.

Mahasiswa aktif semester 5 (semua jurusan)
IPK minimal 3,25
Usia maksimal 22 tahun
Memiliki sertifikat penghargaan atas prestasi akademik dan non akademik
Berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan
Membuat surat pernyataan resmi dengan tanda tangan bagian kemahasiswaan dan kemahasiswaan.

Bantuan yang diberikan adalah bantuan biaya operasional pendidikan selama 4 semester, biaya pengembangan diri atau sarana penunjang pendidikan minimal 1 x dalam 1 tahun, dan biaya penyusunan skripsi atau penelitian.

Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat yang ditujukan untuk mahasiswa sarjana di universitas domestik. Tunjangan beasiswa bulanan yang diberikan sebesar Rp750 ribu.

Uniknya, beasiswa ini bisa memperpanjang beasiswa KSE untuk periode selanjutnya. Atau dengan kata lain, penerima beasiswa dapat mengajukan proposal ketika sudah menerima beasiswa tersebut.

Untuk persyaratan pendaftaran beasiswa ini, pelamar harus melampirkan dokumen yang diperlukan seperti saat melamar beasiswa pada umumnya. Selain melampirkan surat, pelamar juga perlu membuat essay yang diupload di website saat mendaftar.

Selain mendapat bantuan dana pendidikan, Beasiswa Karya Salemba Empat juga mengadakan program pembinaan online bagi para sarjana.


Beasiswa Djarum Plus merupakan program yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation untuk mahasiswa PTN atau PTS di Indonesia. Tunjangan sekolah bulanan yang diberikan adalah Rp 750.000 selama setahun

Beasiswa Djarum Plus

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa ini adalah sebagai berikut.

Sedang menempuh semester 4 di perguruan tinggi negeri atau swasta
Memiliki IPK minimal 3,00
Aktif dalam organisasi
Saat ini tidak menerima beasiswa dari pihak lain

Untuk mengajukan beasiswa ini pastikan kamu juga seorang mahasiswa yang sedang kuliah di universitas rekanan Djarum Foundation sob. Anda dapat memeriksanya di situs web Djarum Foundation.

Beasiswa Peduli BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta Bank Central Asia yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 / D4 berprestasi baik dari universitas negeri maupun swasta di tanah ai.

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

Telah menyelesaikan minimal semester 2 dan paling lama semester 8
IPK minimal 3,20 dan IPS 3,00 terakhir (untuk mahasiswa PTN). IPK minimal 3,40 dan IPS terakhir 3,20 (untuk mahasiswa PTS)
Aktif berorganisasi
Berprestasi di bidang akademik.
Tidak pernah terlibat dalam kasus pidana / perdata, serta penyalahgunaan Narkoba (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

Jika lulus tahap seleksi dan resmi menjadi penerima beasiswa, maka Anda akan mendapatkan dana pendidikan sebesar Rp3.000.000 per semester sampai lulus (maksimal 8 semester).

Beasiswa BNI

Beasiswa Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh BUMN BNI untuk mahasiswa PTN dan PTS seluruh Indonesia. Informasi mengenai beasiswa ini bisa ditanyakan ke bagian kemahasiswaan di kampus masing-masing.

Persyaratan umum untuk mengajukan beasiswa ini adalah sebagai berikut.

Mahasiswa sarjana kurang mampu dari semua jurusan (PTN dan PTS)
Siswa aktif semester 2 – semester 8
Memiliki IPK minimal 3.0
Tidak sedang menerima beasiswa lain
Aktif dalam kegiatan fakultas dan universitas

Sementara itu, surat-surat yang harus diisi umumnya sama dengan beasiswa lainnya, seperti KTP, KTM, dan lainnya.

Beasiswa BRI-Lian

Beasiswa BRI-Lian adalah program beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ditujukan bagi mahasiswa terpilih dari perguruan tinggi negeri / swasta dalam negeri. Beasiswa BRI terdiri dari 2 jenis yaitu Beasiswa Non IT dan Beasiswa IT

Untuk mendaftar beasiswa ini, Anda perlu memeriksa apakah departemen Anda adalah salah satu penerima beasiswa yang diharapkan. Anda bisa mengeceknya di website BRI Lian.

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa ini adalah:

Mahasiswa berprestasi non IT / IT jurusan yang didaftarkan oleh BRI-Lian
Sedang menempuh pendidikan minimal semester 5, maksimal semester 8
IPK minimal 3,25
Usia maksimal 22 tahun
Memberikan ide-ide inovatif: Layanan Keuangan Digital

Selain bantuan biaya semester, uang saku, dan biaya skripsi, Penerima Beasiswa BRI-Lian juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kesempatan magang bahkan bekerja di BRI.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *